Strategi Pemasaran Buku

Oleh : Milati Masruroh

Menghasilkan sebuah karya tidak hanya sebagai impian para penulis pemula, tapi  sebagai harapan dan cita-cita untuk menerbitkan sebuah buku. Kuliah online minggu ini sangat menarik materinya karena mendatangkan langsung nara sumber dari Penerbit Andi Yogyakarta. Rasa penasaran para peserta tentang cara menerbitkan sebuah buku terobati sudah. Selama ini hanya mengikuti proses belajar menulis dengan cara meresume materi yang disampaikan oleh nara sumber.  Angin segar dari Penerbit Andi Yogyakarta ini seolah-olah menambah semangat para peserta untuk lebih giat lagi belajar menulis. Siapa yang tidak bangga kalau hasil karyanya akan terwujud di depan mata. Selama ini penulis pemula merasa kesulitan karena tidak tahu hasil tulisannya itu mau dikemanakan. Prinsipnya hanya menulis, menulis, dan menulis. Tidak terbesit untuk diajukan ke sebuah penerbit baik penerbit minor apalagi penerbit mayor.

Pada pertemuan sebelumnya, bapak Edi S Mulyanta  telah menjelaskan dengan detail cara menerbitkan sebuah buku. Dilanjut bapak Joko Irawan Mumpuni yang merupakan Direktur Penerbitan Penerbit Andi Yogyakarta yang menjelaskan tentang Writing Preneurship atau menulis buku yang diterima penerbit. Dua materi ini sangat menarik para peserta yang tambah semangat untuk menulis. Energi positif dari pemateri ini telah mengalir pada diri setiap peserta. Seolah–olah sudah tidak sabar lagi menyelesaikan kuliah online yang tinggal tiga pertemuan untuk bisa menghasilkan karya sebuah buku. Baru membayangkan saja sudah bahagia saat melihat namanya sendiri terpampang di sampul yang indah.

Setelah mendapat materi cara menerbitkan sebuah buku dan menulis buku yang diterima penerbit, nara sumber berikutnya adalah Agust Subardana. Beliau yang merupakan Direktur Pemasaran Penerbit Andi Yogyakarta akan memaparkan materi mengenai strategi pemasaran buku.

Menurut beliau, pemasaran buku di masa pandemi akibat adanya covid 19 memberikan dampak yang luar biasa pada penjualan buku, diantaranya :

1.    Jaringan toko buku seluruh Indonesia banyak yang tutup selama 4 bulan ini

2.    Orang takut datang ke toko buku yang berada di mall-mall

3.    Penurunan omset toko buku sekitar 70% -80%

4.    Banyak penerbit yang memberhentikan distribusi ke toko buku

5.    Beberapa penerbit gulung tikar (bangkrut)

Selama masa pandemi, grafik pengunjung di gramedia mengalami penurunan yang sangat tanjam di pertengahan februari, dan mulai merangkak naik di awal juli meskipun harus mengikuti protokol kesehatan Covid 19.

Digital Marketing

Dengan menghadapi pandemi ini, penerbit buku perlu melakukan strategi tentang pentingnya bagaimana mentransformasi digital. Dimana dampak pandemi ini telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri, terutama sektor industri perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal mulai dari tempat bekerja, cara belajar mengajar, kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Makanya strategi yang dipakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku. Yang terkandung di dalam digital marketing diantaranya ada branding, social media, content marketing, email marketing, video production, SEO, Web Design, App Development, Sem.

Manfaat Digital Marketing, diantaranya adalah :

1.        Biaya lebih relatif terjangkau atau murah.

2.        Daya jangkauan sangat luas.

3.        Mudah menentukan target pasar buku yang akan ditawarkan sesuai kategori.

4.        Komunikasi dengan konsumen lebih mudah.

5.        Mudah dievaluasi dan dikembangkan.

6.        Lebih cepat popular.

7.        Sangat membantu meningkatkan penjualan.

 

Kenapa harus memakai Digital Marketing?

Digital Marketing sangat efektif untuk memasarkan buku untuk bisa meningkatkan penjualan. Selain itu harus tetap berhubungan dengan para pelanggan buku di media sosial dibangun terus menerus melalui digital marketing. Dan memastikan semua buku yang dijual mudah ditemukan secara online baik di dalam website maupun di toko-toko online seperti sophie, bukalapak, tokopedia,dan lainnya. Atau melalui reseller untuk menjadi tim yamg memasarkan buku ke konsumen. Tak luput melalui media sosial lainnya serti youtube, WA, IG supaya buku tetap diminati oleh konsumen.

Pemasaran buku yang paling efektif ternyata bisa melalui komunitas-komunitas, yang malah lebih tinggi dari penjualan. Misalnya produk untuk novel masuk ke komunitas novelis. Melalui komunitas, penjualan justru lebih tinggi. Untuk mempertahankan pemasaran buku di saat menghadapi pandemi, strateginya bisa jadi lebih depan dari komputer. Maksudnya harus bisa selalu tampil yang pertama, yang tercepat dan tepat sasaran sesuai dengan pasar yang dibidik. Sehingga harus mempunyai tim yang mengerti pemasaran melalui digital marketing ini.

Strategi pemasaran buku yang lain dilakukan dengan mengadakan promo khusus yang memberikan diskon menarik untuk konsumen, sehingga meningkatkan penjualan. Selain itu sering mengadakan webinar lewat zoom, lewat youtube, WAG, yang merupakan sarana promosi. Strategi pemasaran berikutnya menjadikan brand yang tanggap situasi dengan cepat memberikan respon kepada pembeli buku dan cepat mengirim buku. Kalau ada komplain harus secepatnya memberikan solusi. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan empati dari pembeli.  Supaya tetap eksis atau bertahan juga bisa dengan menggunakan sistem mobile marketing yang sedang trend dengan menggunakan internet. Cara lain dengan menggunakan email marketing yang dianggap masih efektif untuk menargetkan pelangggan dan menghubungi lewat email.

Cara untuk mempertahankan pemasaran buku yang lebih menargetkan pelanggan secara personal lebih dikenal dengan Personalise Marketing. Dimana dapat menampilkan iklan atau informasi dengan target orang secara personal. Hal ini dimungkinkan adanya teknologi yang mampu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara personal melalui karakteristik pencarian terhubung dengan internet dan karakter yang sesuai denga karakter konsumen tersebut.

Strategi continus marketing adalah strategi pemasaran berkelanjutan yang menghubungkan semua lini pemasaran dengan media sosial secara terus menerus. Program marketing ini yang secara kontinu akan mensyaratkan marketing berjalan terus menerus menyasar pengguna media sosial. Sehingga program marketing akan berjalan dan dapat dievaluasi dengan cara akurat. Terintegrasi digital marketing adalah cara bagaimana marketing yang menggabungkan seluruh digital marketing digunakan dalam sebuah website. Sehingga aktivitas akan berjalan sekaligus dengan cara kerja yang sederhana tapi memiliki dampak yang luar biasa dalam marketing.

Strategi yang lain dalam hal pemasaran buku harus menggunakan content marketing sangat tepat untuk menarik konsumen dengan beragam informasi yang disediakan di dalam website. Informasi yang dibuat bisa berupa artikel, teks, video, gambar, hasil reset tertentu. Informasi yang disediakan harus memiliki keterikatan atau relevansi dengan usaha bisnis perbukuan. Di dalam pemasaran buku perlu menghadirkan Visual marketing yang sangat penting di dunia maya, seperti ig, youtube, dan visual promosi yang lain.

Dalam digital marketing  ini, dalam memasarkan buku juga memerlukan peran besar seperti google adwords yang mampu meningkatkan performa marketing, karena meskipun merupakan sarana berbayar, tapi potensi return yang dihasilkan sangat besar. Sehingga google adwords yang dikenal dengan bbc  marketing sangat bermanfaat untuk bisnis apapun. Jadi bbc merupakan metode untuk membawa engine google atau sio yang membawa banyak visitor website ke tujuan.

Potensi buku yang ada di sekolah dengan adanya kebijakan dana bos telah memberikan banyak manfaat untuk penerbit. Dimana tiap sekolah mengembangkan perpustakaan yang produk-produk buku sangat dibutuhkan. Sehingga para penerbit ini dapat menyuplai atau memberikan gambaran kategori yang bermanfaat untuk tiap sekolah masing-masing. Sekolah juga bisa mengalokasikan dana Bos untuk pembelian buku perpustakaan. Apalagi di masa pandemi, siswa dituntut banyak belajar di rumah. Dengan banyak membaca buku. Sehingga dapat difasilitasi perpustakaan untuk buku-buku yang dipelajari. Siswa dapat meminjam buku di perpustakaan untuk dibawa ke rumah.

Cara penulis bekerja sama dengan penerbit dalam memasarkan buku karya solo, penerbit bersama para penulis melakukan kerja sama pemasaran bersama dengan mengadakan bedah buku serta mengadakan webinar untuk mengadakan promo bersama. Sehingga akan mendapatkan keuntungan bersama. Dengan hasil promosi tersebut akan mendapatkan hak royalti yang akan diterima oleh penulis. Jika penulis ingin memasarkan sendiri, pihak penerbit akan memberikan kontribusi diskon atau rabat sekitar 30-40% untuk menjadikan kerja sama dalam memasarkan produknya yang sudah ditulis penulis tersebut.

Peran yang diharapkan penerbit di bagian pemasaran terhadap penulis adalah penulis bisa berkolaborasi dengan penerbit dalam hal mengadakan promosi bersama media sosial atau lewat komunitas yang ada. Supaya buku yang ditulis penulis tersebut bisa meningkatkan penjualan. Dimana penerbit tidak bisa berjalan sendiri. Harapan terhadap peran guru dapat juga membangkitkan semangat pembaca kepada siswa, memberikan suatu motivasi untuk gemar membaca. Sehingga penerbit optimis, akan berdampak terhadap siswa untuk membaca buku di perpustakaan sekolah masing-masing. Siswa di rumah diberi beban atau PR untuk membaca, sehingga menambah pengetahuan. Dan bisa belajar bersama dari buku yang telah dipersiapkan oleh seorang guru terhadap siswanya. Stimulus dari penerbit terhadap guru adalah penerbit memberikan diskon kepada penulis atau guru dalam memasarkan buku, yang harapannya dapat menambahkan income untuk keluarga. Stimulus lain memberikan doorprize sebuah buku untuk sample contoh menawarkan buku ke komunitas di guru atau penulis.

Di ujung kuliah beliau juga memotivasi kepada para peserta bahwa semua harus ditulis. apapun itu jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat akan berguna, dan penerbit siap membantu dalam memasarkan buku. Motivasi yang luar biasa, mengalirkan energi positif yang membuat para peserta menjadi lebih semangat untuk berkarya.

Pertemuan kuliah online diakhiri dengan kesimpulan bahwa :

1.    Menulis adalah berjuang, dan Penulis adalah pahlawan yang akan dikenang selama-lamanya.

2.    Lembaran karya adalah medan pertempuran, dan pena adalah senjatanya.

3.    Buku adalah gudang ilmu, dan kuncinya adalah membaca.

4.    Membaca adalah jendela dunia

Sangat menarik materi kuliah online di hari jumat tanggal 10 Juli 2020 ini. Dengan semangat yang membara, semoga apa yang diharapkan oleh para penulis untuk menghasilkan karya sebuah buku dengan nama yang tercetak di sampul depan akan segera terwujud. Aamiin....



Komentar

  1. first coment, keren banget BuMila resumenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... menunggu pikiran fress
      terima kasih bun

      Hapus
  2. Ahaaaaaayyyyy akhirnya kesusul juga dgn ibu hebat ini...resume pas ga pake pedes 🤭

    BalasHapus
  3. Bu Milla mantap selalu resumenya 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan susah payah akhirnya selesai
      terima kasih bun

      Hapus
  4. Mantab...lancar jaya narasinya.

    BalasHapus
  5. Mantab...lancar jaya narasinya.

    BalasHapus
  6. Mantap...lebih jelas...lengkap... Yo semangat terus menulis...mampir di aisah1969.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Semoga kita terus dapat berkarya...

    BalasHapus
  8. Keren Bu Mila resumenya ( bu sri)

    BalasHapus
  9. hebaaatt eeu...
    salam literasi bu

    BalasHapus
  10. Hebat ibu..salam literasi
    https://kinakana.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Keren bu resumenya.. Lengkap 👍

    BalasHapus
  12. Resume yang rapi ... enak dibaca

    BalasHapus
  13. Keren.. resumenya lengkap. Semangat bu..

    BalasHapus
  14. Keren.. resumenya lengkap. Semangat bu..

    BalasHapus
  15. Inspirasi ..resume komplit dan rapi ..sukses y bu salam hangat dari saya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

IHT Pengembangan Modul Ajar yang Mengintegrasikan Visi Misi Sekolah

IHT Pelatihan Koding dan Kecerdasan Artificial Bagi Guru di SMA N 1 Paguyangan

Pembelajaran Daring Yang Efektif