Saksi Bisu Sebuah Blog


Oleh : Milla Efendy 

Membuat tulisan itu bisa dibilang mudah bisa juga sulit. Tergantung dari niat, motivasi, dan komitmen. Saat seseorang sudah punya niat tapi tidak ada motivasi hanya akan diam. Maksudnya menulis hanya sebatas angan. Tetapi, saat ada niat yang didukung dengan motivasi, menulis terasa lebih mudah. Pikiran akan nyambung dengan hati. Hati senang pikiran jadi terang. Melakukan atau mengerjakan apapun jadi gampang. 

Menuliskan sesuatu apa yang dirasakan bukan semata-mata untuk menyindir orang lain. Apalagi menyakiti orang lain. Menulis hanya sebagai sesuatu yang harus diasah setiap hari. Semakin banyak tulisan, maka akan semakin terampil. Itu harapannya dan entahlah, apa yang ditulis terkadang tergantung dari ide yang muncul di pikiran.

Beberapa hari bahkan bulan ini, lebih sering menulis di HP daripada di laptop. Bukannya malas buka laptop, tapi saat ide itu muncul laptop sudah terlanjur off setelah dipakai seharian. Keburu idenya menghilang, menulislah di HP. Untuk mengantisipasi hilangnya tulisan, saat ada kesempatan dan biasanya menyempatkan dipindah ke laptop dengan file bulan tanggal dan judul tulisan.

Sebenarnya ada yang sempat terlupakan juga akhir-akhir ini. Blog yang dibuat dengan penuh perjuangan hampir sebulan lebih tidak pernah diisi tulisan. Padahal setiap hari selalu membuat tulisan. Sangat disayangkan, blog yang harusnya menjadi tempat istimewa sempat terlupakan.

Blog yang berisi tulisan sederhana namun terasa istimewa. Jelek menurut orang lain tidak pernah terpikirkan lagi. Harus memupuk rasa percaya diri meskipun perlahan. Karena proses untuk mencari jati diri seorang penulis membutuhkan waktu yang lama. Tidak semudah membalikkan telapak tangan, dan juga tidak semudah mengkritik karya orang.

Blog yang sempat terlupakan, sudah terisi kembali dengan jumlah tulisan yang bisa menjadi tabungan tulisan untuk menghasilkan satu bahkan dua karya buku. Buku yang masih menjadi angan-angan, tapi sudah ada di depan mata. Tinggal menunggu waktu yang tepat untuk memoles tulisan-tulisan biar lebih menarik untuk dibaca.

Tulisan-tulisan sederhana dan tidak penting di blog akan menjadi saksi bisu proses perjalanan menjadi seorang penulis. Entah kapan waktunya, itu masih menjadi rahasia Allah SWT. Hanya bisa berusaha dan berdoa, apa yang dicita-citakan akan tercapai pada waktunya.

Bumiayu, 16 Desember 2020






Komentar

  1. sip, tinggal tambahkan foto isi artikel ini akan semakin menarik pembaca

    BalasHapus
  2. Keren,......punya tulisan di blog, akan abadi sepanjang masa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1