Malu Saat Merasa Sok Sibuk

Oleh : Milati Masruroh

Dua hari ini, serasa waktu sangat cepat dan dikejar-kejar oleh waktu. Kewajiban seorang guru di akhir semester yang membuat nilai raport cukup memakan waktu. Mengajar sejumlah 8 kelas yang masing-masing ada 6 kompetensi dasar. Memang mudah untuk pengisian nilai raport, tinggal memasukkan di aplikasi raport yang sudah dibuat oleh tim kurikulum. Tapi permasalahan muncul saat siswa tidak kunjung mengerjakan tugas dan mengirimkannya ke link yang sudah dishare di masing-masing WAG Kelas.

Nilai yang harus segera disetorkan ke tim kurikulum, terpaksa harus dibuat sesegera mungkin. Karena rapat pleno kenaikan kelas akan segera diadakan. Deadline pengumpulan nilai tepat jam 12 akhirnya terkirim semua. Tepat pukul 13.00 harus segera mempersiapkan mengikuti pelatihan PTK yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah sampai pukul 15.00. Ada beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan lagi. Semua seperti kejar tayang. Tidak terbiasa mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu cukup menguras pikiran. Segelas kopi cukup menyegarkan badan yang sudah meminta haknya untuk istirahat.

Tepat bakda maghrib, ditemani segelas teh tubruk laptop dinyalakan kembali dan mulai mengerjakan satu demi satu pekerjaan. Sebenarnya pekerjaan ini tidak begitu wajib, tapi menjadi beban pikiran saat tidak dikerjakan. Mengikuti dua pelatihan online yang sama-sama harus mengumpulkan tugas dengan deadline yang cukup cepat. Meresume hasil pelatihan dan mengerjakan lembar kerja yang sudah ditugaskan. Bolak balik melihat jam di pojok bawah laptop. Harus selesai sebelum jam 12 malam.

Menulis yang telah menjadi komitmen dan menjadi janji hati untuk menulis setiap hari pun akhirnya disempatkan di tengah-tengah waktu menyelesaikan tugas pelatihan online. Malu rasanya saat kesibukan yang sebenarnya bisa diatur tidak menghasilkan tulisan yang sederhana. Semoga tetap bisa istiqomah untuk menulis setiap hari. Meskipun cuma sekedar tulisan yang tidak penting.

Bumiayu, 09 Juni 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1