Terbitnya Buku Perdana

Oleh : Milati Masruroh

Mengikuti pelatihan menulis selama hampir dua bulan benar-benar penuh warna. Tiga pertemuan dalam seminggu yang waktunya jam 7 sampai jam 9 malam.  Berbarengan dengan pelatihan PTK yang tugasnya seminggu sekali harus diupload. Kedua pelatihan yang secara online itu berusaha diikuti dengan penuh tanggung jawab. Meskipun aslinya, dikejar-kejar waktu untuk mengumpulkan tugas.

Sudah lama ada keinginan untuk menghasilkan karya sebuah buku. Tapi, ketidaktahuan cara menerbitkan buku memadamkan semangat yang sempat membara. Tidak pernah setengah-setengah dalam melakukan pekerjaan yang sudah jadi komitmen. Melalui pelatihan menulis mulai memahami cara menerbitkan sebuah buku yang tidak sesulit saat dibayangkan. Hasil tulisan yang masih sederhana memang belum pantas untuk dibukukan. Maklumlah masih menjadi penulis pemula yang harus lebih giat lagi untuk belajar menulis. 

Tugas meresume materi para nara sumber yang sedikit diolah sendiri cukup membantu dalam memahami materi. Paling tidak mendengarkan nara sumber, membaca chat materi nara sumber, kemudian menulis kembali dengan bahasa sendiri.

Kumpulan resume tersebut yang minimal ada 20 pertemuan akhirnya bisa diselesaikan. Dan diajukan ke penerbit untuk dijadikan sebuah buku. Meskipun masih dengan bantuan orang lain, tapi sudah membuka jalan pikiran untuk menerbitkan buku solo berikutnya yang merupakan hasil tulisan sendiri. 

Buku kumpulan resume yang merupakan buku perdana sudah ada di depan mata. Sudah membuktikan meskipun masih sederhana, dan semoga saja bisa mengawali untuk karya berikutnya. Buku dengan nama sendiri yang tertera di sampul. Belajar dan terus belajar untuk menghasilkan karya yang lebih baik. 

Terima kasih untuk pak Emcho dan Om Jay yang selalu memotivasi dan membimbing, untuk bapak dan ibu hebat di grup RVL yang selalu berbagi ilmu lewat tulisan-tulisan. 

Bumiayu, 3 Oktober 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1