Makanan Khas Bumiayu

Oleh : Milati Masruroh

Kuliner setiap daerah pasti memiliki ciri khas tersendiri. Dan biasanya makanan khas ini akan selalu menjadi menu andalan saat kembali ke kampung halaman. Di bumiayu ada salah satu makanan khas namanya sogol. 

Di daerah lain, mungkin ada juga makanan yang namanya sogol tapi dari bahan yang berbeda. Sogol khas bumiayu ini berbahan dasar tauge atau kecambah yang direbus kemudian disiram dengan parutan kelapa muda yang telah dimasak dan dikasih bumbu. Seperti parutan kelapa pada urab, bedanya parutan kelapa ini dikasih sedikit air jadi seperti berkuah.

Biasanya sogol ini menjadi temannya ketupat atau lontong. Di bumiayu sogol ini dijual pada saat pagi hari. Antrian yang panjang harus rela menunggu sambil menahan lapar karena tak sabar menikmati sogol ini. 

Saat makan sogol, tak lengkap rasanya jika tidak makan gorengan. Kalau di daerah lain yang namanya gorengan pasti gorengan tahu sama tempe, di bumiayu ada lagi gorengan dage namanya. Katanya sih terbuat dari ampas tahu dan rasanya manis. Pokoknya maknyus. 

Bagi yang pertama lihat gorengan dage ini mungkin merasa aneh. Dari bentuk dan warnanya memang kurang menarik, tapi dari gigitan pertama gorengan dage ini akan merasa rasa yang berbeda. Dan tentunya akan menambah lagi dan menambah lagi. Jangan disamakan dengan gembus. Karena rasanya beda jauh.

Selain sogol dan gorengan dage, ada lagi yaitu opak petis. Kalau opaknya terbuat dari olahan singkong, dan petisnya dari tempe yang sudah terlalu matang sehingga aromanya beda dengan aroma tempe untuk gorengan. Kalau orang semarang pasti bingung saat main ke bumiayu, karena tahunya yang namanya petis itu warnanya hitam. 

Kerupuk rambak juga termasuk oleh-oleh khas bumiayu. Kerupuk ini asli terbuat dari kulit kerbau. Rasanya gurih dan kriuk-kriuk dengan aroma kulit kerbau yang cukup menyengat. 

Itulah beberapa makanan dan juga jajanan yang ada di kota bumiayu yang menjadi menu wajib di saat reuni. Menu andalan yang selalu dirindukan warganya yang berada di luar kota.

Bumiayu, 8 September 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1