Mengungkap Rasa

Oleh : Milla Efendy

Berkomitmen untuk menulis setiap hari merupakan motivasi diri seorang penulis pemula. Namanya juga belajar merangkai kata menjadi kalimat, butuh ketekunan dalam menulis.

Seringkali mengalami hambatan, dari kesibukan yang lumayan menyita waktu karena harus menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang tumpang tindih. Seperti dikejar pekerjaan, bukan mengejar pekerjaan. 

Hambatan lainnya lagi, seringkali melawan rasa malas. Efek kecapekan dari aktivitas seharian dan jarak ke sekolah yang lumayan jauh tak jarang badan ini minta istirahat total setelah sampai rumah. Tidak mampu melakukan pekerjaan lain lagi selain tiduran,atau pun leyeh-leyeh.

Melawan rasa malas sudah pasti mengakibatkan efek menurunnya semangat untuk menulis. Ide yang biasanya muncul pun hilang entah kemana. Pikiran mengalami kebuntuan dalam menentukan ide menulis. Imbasnya, mengawali sebuah tulisan menjadi kesulitan. 

Selama WFH, ternyata juga tidak jaminan banyak waktu luang. Ada saja aktivitas sehari-hari yang cukup membuat sibuk. Di depan laptop menyiapkan soal penilaian. Memang tinggal copas tapi tetap saja mencari soal bentuk lain. Dan ternyata cukup membutuhkan waktu yang lama.

Tidak ada maksud banyak alasan untuk tidak menulis. Tapi hanya sekedar mengungkapkan perasaan saat mengalami hambatan dan juga kendala. 

Bumiayu, 2 September 2020



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1