Melawan Malas Bin Sungkan


Oleh  : Milati Masruroh

Menginginkan menjadi seorang penulis itu tantangannya banyak sekali. Tantangan terberat itu melawan rasa malas bin sungkan. Rasa ini melanda saat banyak pekerjaan dan juga saat tidak ada pekerjaan. 

Saat harus menyelesaikan pekerjaan yang kejar tayang menjadi alasan kesibukan yang tidak menyisakan waktu. Apalagi untuk menulis, untuk istirahat saja rasanya waktu sangat sedikit. Saat tidak ada pekerjaan pun nyatanya juga tidak menghasilkan tulisan. Tidak mungkin menjadi alasan untuk tidak menulis.

Ternyata menulis itu tidak bisa dipaksakan. Tergantung kesadaran diri sendiri saja yang ada keinginan untuk menulis.  Tapi, kalau tidak dipaksa juga tidak mau menulis juga. Tak penting juga memikirkan orang lain mau menulis apa tidak. 

Yang terpenting adalah mengajak diri sendiri dulu untuk bisa menulis beberapa paragraf setiap hari. Mengajak diri sendiri untuk melawan rasa malas bin sungkan. Meluangkan waktu meskipun cuma beberapa menit. Menulis itu mudah, menulis itu hiburan, menulis itu menyenangkan, menulis itu membuat pikiran tetap bekerja.

Membaca tulisan para penulis handal seringkali memotivasi untuk lebih giat menulis. Ternyata, gaya bahasa yang digunakan sederhana tapi mengena. Menulis apa yang dirasakan penulis pemula, dan juga trik-trik atau kiat-kiat  untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Salah satunya masalah malas bin sungkan itu. 

Bumiayu, 14 Agustus 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1