Asal Membuat Tulisan

Oleh : Milati Masruroh

Merasa menjadi penulis pemula terus dari beberapa bulan yang lalu. Karena memang belum pantas menjadi penulis handal. Butuh proses yang panjang. Merangkai kata menjadi kalimat saja belum bisa sempurna. Masih muter-muter tidak teratur. Asal menulis apa yang ada dalam pikiran.

Sebenarnya sudah menghilangkan rasa minder, malu, takut jelek, dan juga tidak percaya diri. Tapi, sepertinya ada sesuatu yang mengganjal saat mau membuat tulisan. Entah apa itu, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Yang jelas bukan karena malas. Kalau malas sudah dipastikan tidak bisa menghasilkan sebuah tulisan. Tulisan yang kalau dibaca lagi juga gak jelek-jelek amat. Mungkin karena setiap hari selalu berusaha belajar menulis.

Meluangkan waktu untuk menulis juga selalu diusahakan saat menyelesaikan pekerjaan sekolah yang lumayan menumpuk.  Paling tidak jam 9 malam batas waktu harus menghasilkan sebuah tulisan. Kalau sedang tidak ada ide, asal saja menulis sebuah kalimat. Toh, akhirnya menjadi satu paragraf, dua paragraf, dan tidak terasa sampai lima paragraf. Tulisan yang asal tanpa tahu judul tulisan yang tepat.

Pikiran yang lelah pun kadang mengajak untuk istirahat. Leher yang berasa ada besinya, juga menuntut haknya untuk segera istirahat. Pernah memaksakan diri juga untuk menulis di saat mata sudah tidak mau diajak bekerja. Antara sadar dan tidak sadar membuat tulisan. Baru dua paragraf, ternyata mata ini terlelap. Beruntung lima menit kemudian, terjaga untuk melanjutkan membuat tulisan. Tapi, ternyata terlelap lagi mata ini.

Lelah itu memang karena aktivitas yang lumayan padat. Di saat pembelajaran sudah tatap muka sampai jam 12 siang, dilanjut rapat persiapan uji kompetensi siswa sampai jam tiga. Setengah lima sore sampai rumah langsung menuju ke pondok untuk mengantar pesanan anak sholeh. Jam 7 malam baru sampai rumah lagi. Pinggang yang panas membuat tak nyaman untuk beraktivitas lagi.

Berupaya istiqomah dalam menulis, apa yang dirasa, dilihat, dipikirkan. Tidak ada maksud curhat , tapi semata-mata hanya belajar melatih keterampilan menulis. Melatih menulis setiap hari. 

Komentar

  1. Tetap semangat dan terus mewujudkan mimpi menjadi penulis hebat

    BalasHapus
  2. Tetap semangat,... tulisan nya udah bagus...

    BalasHapus
  3. Memang kl dipaksa jd juga target menulis ,,,( bu sri )

    BalasHapus
  4. Mari kita tetap semangat,kita coba menerjang rintangan yang terkadang selalu menghadang,memang serasa berat,namun semangat mencoba jangan hilang.

    BalasHapus
  5. Meskipun asal nulis, tapi tetap bagus, keren Bu Mila...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1