Trik Membuat Judul

Oleh : Milati Masruroh

Kuliah online kali ini bener-bener beda. Serasa cuci otak dan berkejaran dengan waktu. Hari ini senin tanggal 22 Juni 2020 kuliah dimulai tepat pukul 19.00 WIB, dengan nara sumber Bapak Agus Sampurno. Seperti biasanya kuliah online ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu 50 menit sesi pertama untuk presentasi nara sumber dan 70 menit sesi kedua untuk tanya jawab.

Sebelum materi, pak Agus menyuruh para peserta untuk membuka link yang sudah dishare dengan kode 7109353 dan bersedia untuk mengisi survey mengenai blog dan personal branding. Cukup lama untuk membuka link, karena signal yang akhir-akhir ini tidak bersahabat. Ternyata, begitu link kebuka berisi game. Penasaran lagi, suruh mengisi survey kenapa disuruh main game? Bikin deg-degan aja, takut kalah duluan meski belum tahu jenis game yang seperti apa. Begitu main game selesai, muncullah skor  atau hasil tesnya.  Selesai waktu yang diberikan, pak Agus pun menelaah hasil dari main game tersebut.  

Menanti materi yang disampaikan pak Agus sambil membuat laporan, lumayan terkejut membaca chat di menit 40 dari pukul 19.00 WIB. Para peserta diberi tugas membuat tulisan di blog masing-masing dengan jumlah karakter  150 - 300, dan untuk judul sudah ditentukan. Berharap bisa membuat laporan, terpaksa ditinggalkan demi memenuhi tugas membuat tulisan. Menunggu cukup lama, tidak juga tugas dishare akhirnya diberi kebebasan untuk memilih salah satu dari delapan judul  yang ditentukan.

Judul yang kira-kira mudah untuk dikembangkan tulisannya, dipilihlah judul 3 cara mudah guru memberikan contoh kedisiplinan. 30 menit harus membuat tulisan yang berjudul “Disiplin Seorang Guru”. Sambil membayangkan apa yang sudah diterapkan selama mengajar, membuat menulis serasa mengalir. Yang penting menulis demi memenuhi sebuah tugas yang ternyata mengacu adrenalin. Spaneng, perut kram, dan mata ngantuk serasa langsung melek.

Kuliah online pun sempat terabaikan, bukan karena malas tapi karena sibuk menyelesaikan tugas yang harus selesai saat itu juga. Materi bisa dibaca ulang. Pak Agus ini memang luar biasa, begitu mudahnya memberikan judul ke peserta hanya dengan menganalisa antara apa yang menjadi hal yang disukai dari beberapa peserta menjadi ramuan judul.

Menurut beliau, aspek judul mesti diutamakan dalam menulis. Karena dari judul, membuat orang tertarik sekaligus penasaran. Judul bisa membuat sang penulis memiliki personal branding,  yaitu suatu aspek dimana penulis dikenal karena menjadi fokus pada penulis. Menjadi penulis itu tidak perlu ahli, yang penting punya keinginan yang kuat untuk belajar sesuatu yang disuka. Kemudian, tidak sungkan untuk berbagi hasil belajar dengan pembaca lain lewat tulisan di blog.

Pada pembuatan judul, boleh menggunakan kata-kata Resep, Manfaat, dan Baru. Secara manusiawi, penulis cenderung tertarik dengan kata-kata tersebut. Dengan demikian, tulisan itu akan nyata manfaatnya walaupun singkat.

Bumiayu, 22 Juni 2020


Komentar

  1. Saya senang membaca tulisan ibu yang mengalir dan renyah... Mantaap

    BalasHapus
  2. Bagus, masih fokus..saya malah gak paham suruhannya tadi ha ha pusing

    BalasHapus
  3. Keren bunda. Tulisan mengalir dan enak dibaca..👍

    BalasHapus
  4. Mantul Bu ...
    Langsung jadi resumenya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah meski terseok-seok buatnya di penghujung malam

      Hapus
  5. Selalu suka tulisan ibu..mengalir seperti air 💞

    BalasHapus
  6. Tulisannya bagus. Mantap. Mengalir.

    BalasHapus
  7. Iiiiiiih udah jadi ajah nih resumenya.....hebat banget ah, nularin napaaah bu......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ditarik pake rantai gak bisa juga ... hahahaaa

      Hapus
  8. He he kejar kejaran tugasnya bunda? Saya mlah hk bs buka gemesnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1