Membangun Branding Melalui Blog

Oleh : Milati Masruroh

Pelatihan menulis hari jumat tanggal 26 juni 2020 yang diadakan di WAG belajar Menulis Gelombang 12 sudah memasuki pertemuan yang ke-12. Dengan tema “Membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial”, nara sumber pada pertemuan ini seorang founder motivator pendidikan yang bernama Namin AB Ibnu Solihin. Lumayan panjang waktu yang diperlukan untuk menjadi sukses seperti sekarang ini.

Menginginkan hidup yang dirasakan manfatnya oleh orang lain merupakan motivasi terbesar beliau untuk menjadi sukses. Dan untuk menjadi orang yang bermanfaat, harus diawali dengan belajar. Kemudian mengalami langsung, barulah berusaha untuk memberikan untuk banyak orang. Seperti motto hidupnya “Jadilah pribadi yang menginspirasi, menggerakkan, dan meneladani. Dalam proses perjalanannya, setiap orang wajib terus memantaskan diri untuk menjadi pribadi yang berkualitas.

Hobi menulis yang sudah belasan tahun ditekuni, beliau sudah sangat berpengalaman dalam dunia menulis. Proses menulis yang dikenal dengan rumus 5a itu meliputi dipaksa, terpaksa, kepaksa, biasa, dan terbiasa. Jadi dipaksakan dalam waktu tiga bulan dan cukup meluangkan waktu minimal 15 menit untuk menulis. Di samping itu, untuk bisa menulis harus banyak membaca buku dari berbagai sumber.

Fokus dalam menulis itu lebih utama. Semakin banyak menulis, maka akan semakin mudah membuat tulisan. Apapun bisa menjadi ide menulis. Apalagi kalau sudah memiliki blog. Meskipun blog sederhana, tapi lambat laun orang akan mengenal sang penulis. Penulis dengan ciri menulis yang beda dengan penulis lain.

Membuat blog yang menarik sebenarnya cukup dengan design yang simpel. Tidak terlalu banyak foto, karena pembaca akan cenderung tertarik melihat fotonya ketimbang tulisannya. Beda lagi jika blog yang dibuat itu untuk media pembelajaran. Antara tulisan, video, dan foto bisa dipadukan menjadi sebuah postingan. Kenapa seperti itu? Karena harus memfasilitasi kecerdasan anak yang visual, audio, dan audio visual.

Setelah berpengalaman menjadi blogger, seseorang perlu untuk membranding dirinya sendiri dengan tujuan supaya lebih banyak dikenal publik. Sehingga, manfaat ilmunya bisa dirasakan oleh orang lain.

Bumiayu, 26 Juni 2020


Komentar

  1. Balasan
    1. biar kaya bunda yang lebih mantap lagi... hihi

      Hapus
  2. Akhirnya bisa ngikut bu milla yg selalu awal. Keren bun

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah...
      minimal mengurangi beban pikiran dr sebuah tanggung jawab

      Hapus
  3. Mari kita kelola blog denagn senang hati

    BalasHapus
  4. terus menulis menulis dan menulis

    BalasHapus
  5. Ternyata resume itu tidak harus panjang...
    Ibu sudah mengajarkan saya bahwa resume yang singkat juga bisa padat lengkap isinya...
    Terima kasih bu...🙏

    BalasHapus
  6. Tulisannya enak dibaca dan bagus bu..

    BalasHapus
  7. okr sip..renyah.yuk jln2 juga ke rumahku

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1