SMA N 1 Paguyangan Sebagai Sekolah Berintegritas di Provinsi Jawa Tengah

Menurut Wikipedia, Integritas berasal dari bahasa latin integer” yang artinya utuh dan lengkap. Integritas adalah sifat atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibaan dan kejujuran. Integritas merupakan gambaran diri seseorang dalam suatu organisasi yang terlihat dari perilaku dan tindakan sehari-hari. SMA N 1 Paguyangan telah memiliki empat branding sebagai sekolah Riset, Sekolah Adiwiyata, Sekolah Sehat, dan Sekolah penggerak. Dengan kepemimpinan Dr. Ihdi Amin, M. Pd, sekolah yang dikenal dengan SmanSaYang itu, kembali memdeklarasikan satu branding sekolah yaitu Sekolah Berintegritas. Pada hari kamis tanggal 25 Januari 2024, di hadapan seluruh warga SMA N 1 Paguyangan termasuk komite sekolah, Kepala Sekolah me-lounching  SMAN 1 Paguyangan sebagai Sekolah Berintegritas.

SMA N 1 paguyangan sebagai sekolah berintegritas, mempersiapkan para peserta didiknya untuk memiliki nilai-nilai integritas yang tidak akan semudah membalikkan telapak tangan. Nilai-nilai integritas yang diterapkan untuk peserta didik diantaranya adalah jujur, disiplin, dan tanggung jawab. Selain itu, Tidak dapat dipungkiri, permasalahan rendahnya pendidikan karakter peserta didik menjadi tantangan yang cukup berat untuk SMA N 1 Paguyangan untuk mempersiapkan peserta didiknya memiliki karakter yang jujur, disiplin, dan tanggung jawab. Dalam kegiatan pembelajaran, untuk mewujudkan karakter jujur dapat dilakukan oleh guru dengan mengingatkan perilaku jujur dalam setiap kali asesmen. Peserta didik diharapkan dapat mengumpulkan tugas sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan sebagai bentuk rasa disiplin dan tanggung jawab peserta didik dalam menyelesaikan pekerjaan. Kedisiplinan peserta didik juga dapat terilihat dari kehadiran saat pembelajaran dengan datang tepat waktu.

Untuk mewujudkan hal tersebut, sekolah harus dapat memberikan keteladanan yang baik. Semua warga sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru, staf tata usaha, penjaga sekolah, dan satpam harus dpat menjadi pribadi yang berintegritas. Salah satu usaha yang dilakukan sekolah terhadap peserta didik adalah dengan menyiapkan tiga pin yang akan dipilih oleh peserta didik tanpa paksaan. Harapannya, dengan memasang PIN tersebu, peserta didik memiliki komitmen untuk mendukung program sekolah berintegritas. Tiga PIN tersebut masing-masing bertuliskan “Berani jujur, hebat”, “Siswa Berintegritas, kereenn..!!”, dan “Sekolah Sehat, Siswa Nyaman”. Pemasangan PIN secara formalitas dilakukan oleh perwakilan peserta didik, guru, staf tata usaha, dan komite sekolah.

Untuk mendukung sekolah berintegritas, sekolah mengadakan “Sosialisasi Tata Tertib dan Kode Etik Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Berintegritas”. Diikuti oleh semua dewan guru yang dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas sebagai bentuk komitmen untuk mewujudkan sekolah yang berintegritas. Dengan branding Sekolah Berintegritas, seluruh warga SMA N 1 Paguyangan harus bisa menjaga komitmen untuk mewujudkan sekolah yang nyaman, sehat, dan berkarakter. Sesuai dengan semboyan Sekolah Berintegritas SmanSaYang... “Kerreen, Hebattt, Nyamaaan...”

Bumiayu, 4 Februari 2024


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1