Reuni Teman Sekolah

Oleh : Milati Masruroh

Lebaran selalu punya cerita dan meninggalkan kenangan indah bagi setiap orang. Lebaran ini dijadikan ajang silaturahmi keluarga besar untuk saling bermaaf-maafan dan yang paling utama untuk saling melepas rindu antaranggota keluarga. Bagi yang tinggal jauh di luar kota bahkan di luar propinsi, akan menyiapkan waktu cuti jauh-jauh hari demi hari raya idul fitri. Tidak peduli macet, berdesak-desakan, dan tiket mahal, yang penting bisa berkumpul bersama orang-orang tercinta di waktu lebaran tiba.

Liburan lebaran yang cukup lama, ternyata tidak cuma untuk melepas rindu antaranggota keluarga. Tapi juga melepas rindu antarteman saat sekolah di SD, SMP, dan juga SMA. Temu kangen alumni atau reunian. Semua ingin kembali mengenang masa-masa sekolah setelah puluhan tahun tidak bersua. Dengan beragam pekerjaan yang dilupakan sejenak untuk menghilangkan kesenjangan ekonomi antarteman. Saling tertawa, saling mengejek, saling becanda. Dan yang paling heboh lagi, saat ada yang ketemu dengan sang mantan.

Temu kangen alumni tentunya sudah direncanakan jauh-jauh hari. Sudah terbentuk panitia inti yang menyiapkan segala keperluan untuk reuni. Dari tempat penyelenggaraan, konsumsi, dan juga doorprize kecil-kecilan untuk menambah semaraknya acara reunian. Tak lupa mengundang guru-guru semasa sekolah. Meskipun sudah sepuh, tapi bahagia rasanya bisa bersilaturrahim kembali dengan guru-guru tercinta.

Pertemuan yang terasa begitu cepat tapi membekas sekali di hati. Memaksa untuk kembali membuka memori nama-nama teman. Bukan hal yang mudah mengingat nama teman saat bertemu langsung. Dengan gaya-gaya sok kenal saja saling senyum dan sapa. Tak tahu kalau dalam hati dan otak berusaha keras membuka memori waktu sekolah. Memang lucu, saat tak jua mengingat nama teman sekolah. Malu tapi mau gimana lagi. Dengan menghilangkan rasa malu dan mengucapkan maaf, akhirnya tanya juga nama yang tidak kunjung diingat.

Reuni sekolah yang hanya bisa diadakan di waktu lebaran masih berlanjut lagi di whatsapp. Dengan membuat WAG alumni, ternyata tidak ada habisnya untuk saling bercerita. Bunyi klentang-klentung di hp tidak juga berhenti. Ternyata masih memendam kangen.

Reuni benar-benar mengenang masa indah waktu sekolah. Tidak ada perbedaan dan melupakan gelar-gelar yang sudah berderet di depan dan belakang nama. Semuanya berbaur saling berbagi cerita. Menghadirkan dan menumbuhkan rasa kekeluargaan yang benar-benar terasa.

Bumiayu, 26 Mei 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1