Dibalik Kisah Jadi Admin WAG RVL

Oleh : Milati Masruroh

Tergabung dalam WAG Rumah Virus Literasi (RVL) yang digawangi leh Mr. Emcho sejak bulan april 2020 banyak sekali ilmu yang didapatkan dalam dunia literasi. Meskipun belajarnya pelan-pelan tapi selalu berusaha untuk mencoba membuat sebuah tulisan setiap hari. Tulisan apa saja baik tentang curahan hati, kegiatan sehari-hari, makanan khas daerah, dan masih banyak lagi. Tulisan yang diungkapkan dengan bahasa santai dan tidak formal.

WAG RVL yang beranggotakan penulis-penulis andal ternyata tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya bagi penulis pemula yang masih buta dengan dunia penulis. Sama saja dengan gelas kosong. Ibarat seorang siswa yang berhadapan dengan guru yang kesannya menakutkan.  

Ada kesan tersendiri saat dipercaya Mr. Emcho untuk membantu ceklist tulisan yang sudah dishare para penulis dengan menjadikan admin di WAG RVL. Mau menolak tidak berani, tapi mau menerima rasanya malu. Rasa tidak percaya diri dan minder lebih kuat menguasai hati dan pikiran. Dengan perasaan masih bingung, akhirnya tawaran mejadi admin pun diterima. Toh hanya membantu menceklist tulisan. Waktu itu hanya berharap semoga saja bisa mengemban amanah sebagai admin.

Mendapat kepercayaan dari Mr. Emcho merupakan satu kebahagiaan tersendiri yang harus disyukuri. Padahal di sisi lain Mr. Emcho belum mengetahui kinerjanya dan mungkin hanya main tunjuk saja untuk membantu jadi admin. Kesempatan yang istimewa untuk mengenal dengan penulis-penulis lainnya.

Menjadi admin WAG RVL ternyata banyak cerita yang bisa dijadikan menjadi sebuah tulisan. Sambil menemani dua jagoan yang asyik bermain dan tidurnya malam, di penghujung malam masih setia menunggu para anggota WAG untuk berbagi tulisan. Sambil membaca tulisan-tulisan para penulis yang serius, humor, dan horor.

Saat kecapekan ternyata mata ini tidak bisa diajak kompromi untuk berada di depan layar HP. Tiba-tiba mata terpejam setelah bakda maghrib, padahal belum membuat tulisan yang seperti hari-hari sebelumnya dishare di WAG RVL. Terbangun jam 8 dan mencari ide yang harus dijadikan sebuah tulisan.

Yang menjadi permasalahan sebenarnya bukan karena tulisan yang harus dishare, tapi tanggung jawab admin yang harus ceklist tulisan para penulis. Sebenarnya malu, saat bangun jam 3 pagi dan membuka WAG RVL ceklist terlihat amburadul. Pernah juga nama salah ketik. Salah mencet tombol, yang harusnya mencet tombol A jadi B.  Para penulis semoga saja memaklumi, termasuk Mr. Emcho. Aktivitas yang padat memang tidak bisa dihindarkan. Karena mendapat tugas tambahan lain selain mengajar.

Terkadang masih sering bertanya pada diri sendiri, kenapa Mr. Emcho sampai bisa mempercayakan menjadi seorang admin selain Mr. Emcho sendiri. Mengenal langsung saja belum, dan hanya melalui WAG.

Tulisan ini sebenarnya hanya untuk menyampaikan permintaan maaf kalau selama menjadi admin kadang kurang konsentrasi saat membuat ceklist tulisan para penulis. Meskipun menyadari, para penulis pasti akan tersenyum dan tertawa melihat ceklist yang amburadul.

Di penghujung tahun 2020, sebagai admin akan merekap tulisan para penulis anggota WAG RVL yang beranggotakan 43 penulis dari bulan april sampai desember 2020. Semoga dengan rekapan tulisan para penulis khususnya yang aktif akan mengajak para penulis lain yang belum aktif untuk mengikuti jejak berbagi tulisan. Karena berbagi itu indah, apalagi berbagi ilmu yang akan menjadi ladang pahala para penulis.

Bumiayu, 30 Desember 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1