Kursus Nyetir Mobil

Oleh  : Milati Masruroh

Keinginan bisa nyetir mobil pada waktu dahulu kala tidak pernah terbesit di pikiran. Apalagi bapak tidak pernah mau membeli kendaraan satu ini. Prinsipnya kalau mau bepergian ada bus atau kereta api yang bisa dipilih. 

Setelah menjadi guru produktif tkr yang mengajar tentang otomotif, menuntut harus tahu yang namanya rem, gas, dan kopling. Kata teman satu kantor, gimana mau ngajar tentang sistem rem kalau tidak tahu yang namanya rem dan cara menggunakannya. Sepintas orang berpikiran, rem itu ya yang digunakan biar mobil berhenti. Paling tidak setelah mempraktikkan cara menggunakan, saat menjelaskan ke siswa pun akan mudah. 

Dua tahun yang lalu, suami pun mendukung untuk belajar nyetir mobil. Dengan mencari tempat yang luas, belajar mobil pun tak ada kendala. Setelah dirasa lancar di tempat yang luas, suami pun mengajak berlatih langsung di jalan. Meskipun masih takut, tetap memberanikan diri untuk belajar. 

Belajar nyetir mobil sama suami, ternyata lama-lama membuat malasnya semakin meningkat. Karena tak jarang dibentak, antara rem dengan gas pun kadang terbalik karena panik. Rasa kaget yang berlebihan, membuat latihan pun akhirnya berhenti selama hampir satu setengah tahun.

Jarak yang lumayan jauh untuk ditempuh membuat berpikir dua kali untuk belajar nyetir mobil kembali. Dengan meminta pertimbangan suami, akhirnya kembali belajar nyetir mobil di lembaga kursus. Menyadari usia yang tidak muda lagi, pastinya akan lebih lama menangkap materi. Bersyukur kesabaran instrukturnya sudah tingkat dewa. Jadi bisa membimbing dengan telaten.

Belajar nyetir mobil di jalan besar butuh mental yang bagus, bukan mental krupuk. Belajar yang awalnya  karena terpaksa. Seandainya tidak jadi guru produktif tkr, lebih memilih duduk manis ketimbang mikirin jalan. Badan terasa sakit karena panik tak dapat dihindari. Semoga saja, mentalnya semakin kuat. 

Bumiayu, 21 September 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1