Handphone Android Bapak Dan Ibu

Oleh : Milati Masruroh

Menemukan ide untuk menulis itu kadang terasa sulit di saat perasaan sedang biasa-biasa saja. Beda saat suasana hati sedang galau atau bahagia. Mengungkapkan apa yang dirasakan malah bingung sendiri. 

Jaman sekarang kalau tidak memiliki handphone android bisa dibilang ketinggalan jaman. Dari anak-anak sampai orang tua sudah pasti menggunakan handphone android. Sepertinya ini tidak berlaku buat bapak dan ibu yang bersikekeh dengan handphone Nokia jadulnya. Dengan alasan lebih mudah menggunakan. 

Tak jarang bapak sama ibu uring-uringan saat sms tidak dibalas juga. Bagaimana mau membalas, yang ada kuota bukan pulsa sms atau telepon. Seringkali teman-temannya bapak dan ibu menanyakan no WhatsApp. Tapi bapak dan ibu cuma membalas dengan senyuman. Gak paham juga apa itu WhatsApp. Dimaklumi sudah sepuh jadi disarankan beli handphone android cuma bingung. Bingungnya pengin beli tapi tidak bisa menggunakan.

Rupanya, diam-diam ibu sering meminjam handphone cucu-cucunya untuk sekedar belajar menggunakan. Dan cucunya pun menyarankan untuk membeli handphone android. Katanya Mbah ketinggalan jaman kalau masih pakai handphone jadul itu. Lagian juga percuma mau sms, gak bakal dibalas karena sudah pakai kuota. 

Mungkin setiap hari dipikir dan dipertimbangkan. Menjelang magrib menyuruh mas ipar untuk membelikan handphone android. Dengan sabar, cucunya pun mengajari cara menggunakan handphone android. Dengan telaten, ibu pun lambat lain bisa menggunakannya. Melihat ibu asyik menggunakan handphone android baru, bapak pun langsung minta dibelikan juga. 

Beda dengan ibu, kalau bapak ini lebih lama belajarnya. Sama cucunya pun sering ditertawakan karena saat memencet handphone lumayan keras. Bapak lebih suka menggunakan handphone ini untuk melihat YouTube. Wayang kesukaannya selalu diputar tanpa kenal waktu. Kuota yang seharusnya satu bulan pun tiba-tiba habis. Bingung pasti, karena YouTube tak bisa dibuka.

Kalau ibu lebih suka mendengarkan lagu-lagu kenangan. Sama seperti bapak, ibu pun tak kenal waktu untuk melihat YouTube. Katanya pengin dan betah kalau lihat YouTube. Handphone android memang sekarang sudah menjadi kebutuhan primer. Semua menggunakan aplikasi yang ada di handphone.

Bapak dan ibu pun sekarang lebih asyik menggunakan handphone android, meskipun handphone jadulnya juga masih tetap digunakan. 

Bapak asyik menikmati wayang dengan Ki dalang Hadi Sugito, ibu juga asyik menikmati lagu-lagu kenangan.


Bumiayu, 10 September 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1