Rasa Malas yang Mengganggu

Oleh : Milla Efendy

Membaca tulisan para penulis-penulis hebat terasa menulis itu sangat mudah dan mengalir seperti air. Ada tulisan yang berisi ajakan, curahan hati, motivasi. Semuanya enak dibaca.

Menulis memang godaannya hanya malas. Karena malas, ide yang biasanya bermunculan di pikiran pun tak mau muncul juga. Berasa menulis itu sesuatu yang sangat berat. Apalagi untuk memulai sebuah tulisan, sudah tidak semangat lagi.

Berusaha melawan rasa malas itu tidak mudah. Ibarat pekerjaan akan mudah kalau tidak dikerjakan sekalian. Beda dengan menulis, kalau cuma dipikir tidak mungkin akan menghasilkan tulisan.

Saat ide tidak muncul juga padahal waktu terus berputar dan akan segera berganti hari, sama saja tidak bisa menjaga komitmen untuk menulis setiap hari. Mencoba menulis apa saja yang sedang dipikir sepertinya lebih baik. Karena ide akan muncul dengan tiba- tiba mengikuti arah penulisan. 

Asal menulis untuk menjaga komitmen memang tidak selamanya baik. Tapi untuk penulis pemula sepertinya boleh-boleh saja. Karena masih harus mengasah keterampilan menulis.

Bagi penulis pemula, sangat dibutuhkan motivasi yang tinggi. Untuk menghilangkan rasa malu saat tulisannya tidak enak dibaca, untuk menumbuhkan rasa percaya diri saat tulisannya tidak nyambung antar paragraf, dan juga untuk menghilangkan kesan tidak pintar saat tulisannya hanya berisi curahan hati bukan tulisan-tulisan ilmiah.

Penulis pemula pastinya juga tidak memiliki keinginan yang muluk-muluk. Harus sadar diri, membuat sebuah buku yang menarik pasti butuh proses yang panjang. Bukan dalam hitungan bulan, tapi dalam hitungan tahun. Menulis yang indah dan menarik untuk dibaca.

Bumiayu, 1 September 2020



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1