Uneg-uneg


Oleh : Milati Masruroh

Masih terngiang di pikiran, apa yang ditulis Pak Emcho tentang seribu alasan kenapa tidak mau menulis. Rasanya makjleb, bukan tanpa alasan karena memang sering merasakan apa yang disampaikan beliau. Karena sibuk, semua orang juga sibuk. Intinya sebenarnya memang malas dan sungkan. Dan ini dirasakan oleh sebagian para penulis pemula. Mohon maaf kalau ada penulis pemula yang selalu rajin menyempatkan waktu dan selalu menulis. 

Dari sekian banyak penulis pemula, mungkin bisa mewakili untuk menyampaikan uneg-uneg. Menulis memang mudah, kata yang biasa menulis. Di awal-awal ada keinginan menulis, semangatnya memang menggebu-gebu. Punya keinginan membuat sebuah buku. Ada tantangan sebulan satu buku pun ikut. Yang penting ikut, perkara nanti bisa buat buku atau nggak dipikir belakangan.

Saat mengikuti pelatihan menulis dengan nara sumber Pak Emcho, semangatnya luar biasa. Beliau  mampu menghipnotis para peserta untuk berkarya dalam bentuk buku. Temanya bebas dan boleh yang fiksi maupun non fiksi. Waktu itu, beliau juga membimbing langsung para peserta dengan japri ke nomor beliau. 

Bisa dibayangkan, bagi penulis pemula menulis saja belum lancar apalagi mau membuat buku. Boro-boro menghasilkan tulisan, yang ada cuma mikir, mikir, dan mikir. Menentukan judul buku pun tak tahu, apalagi isinya. Berat dan sangat berat. Dari pikiran yang berat itu, semua pekerjaan pun akhirnya terkena imbasnya. Mau melakukan apapun jadi malas. Jadi bingung sama diri sendiri, masalah yang sepele tapi tidak dapat diselesaikan. 

Itulah ungkapan penulis pemula yang bukan karena sibuk, tapi memang bingung mau menulis apa. Sudah menulis satu paragraf, mendadak ide yang tadinya mengalir berhenti. Kalau toh dilanjutkan menulis, ide yang muncul lagi juga berbeda. Sudah pasti tidak bakalan nyambung antarparagraf. Baca sendiri aja malu. Akhirnya jalan terakhir ditinggal begitu saja. 

Bumiayu, 29 Agustus 2020

Komentar

  1. Alhamdulillah saja saatbingung pun masih mengalir dan istikamah menulis Bravo

    BalasHapus
  2. Tetap semangat bu...terus menulis setiap hari dan buktikan apa yg akn terjadibu...seperti kata omjay

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. semangat selalu untuk menulisnya bu, suses selalu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1