Dokumentasi Tulisan Dalam Blog

Oleh : Milati Masruroh

Mengikuti kegiatan pelatihan menulis itu tidak mungkin rugi, seperti pelatihan menulis di WAG Belajar Menulis Gelombang 12 dengan nara sumber yang sudah handal dan punya segudang prestasi. Para nara sumber ini tidak pelit ilmu, dan sabar membimbing para guru dari semua jenjang. Semangat peserta pun sangat luar biasa setiap kali mengikuti pelatihan yang diadakan tiga kali dalam seminggu.

Apalagi bagi para penulis pemula yang baru belajar merangkai kata menjadi sebuah kalimat. Dengan mengikuti pelatihan ini sebagai dasar pengetahuan tentang cara menulis yang baik dan benar. Di samping itu sebagai seorang penulis tentunya menginginkan tulisannya diabadikan sehingga suatu saat akan menghasilkan karya yang luar biasa. Mengabadikan sebuah tulisan dalam blog, baik yang blogspot atau wordpress.

Nara sumber kali ini adalah Dedi Dwitagama, yang akan berbagi lmu tentang cara mendokumentasikan tulisan dalam sebuah blog. Menurut beliau, blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang-orang sedunia. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Guru Matematika di SMKN 50 Jakarta ini, sudah mulai geblog pada tahun 2005 di blogspot untuk mendokumentasikan perjalanan dari sabang sampai merauke dan beberapa negara di di dunia. Selama lebih dari 13 tahun ngeblog, sudah menghasilkan lebih dari 4.100 artikel yang dilihat hampir dua juta kali dengan pengunjung hampir 600.000. Selain di blogspot, beliau juga ngeblog di kompasiana. Pada tahun 2007, beliau pindah platform dari blogspot ke wordpress. Di dunia teknologi, edisi terbaru memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dianding sebelumnya. Apalagi wordpress ini sudah ada appnya di android dan iphone.  

Masing-masing penulis memiliki cara tersendiri dalam mengembangkan tulisannya. Untuk guru Bahasa Indonesia, wajarlah mengerti dan paham aliran-aliran  sebuah tulisan. Tapi bagi guru eksak, ada kecenderungan asal menulis apa yang mau ditulis. Mau bagus atau jelek, biarkan pembaca yang akan menilai.

Salah satu tips untuk konsisten dalam menulis adalah menulis saat ide itu muncul dimana pun berada. Seperti saat menunggu anak sekolah, sambil mendengarkan musik, menulis dengan menggunakan HP, tanpa diedit langsung ditayangkan. Untuk memunculkan kalimat utama yang menarik perhatian, menulis langsung ide tulisan pada kalimat pertama dan dijabarkan dengan uraian yang diperlukan. Kalau bisa disertai dengan gambar atau video untuk lebih menarik. Tips untuk meningkatkan kualitas isi tulisan sebenarnya mudah, hanya  dengan usaha utuk sering menulis. Dengan pengalaman menulis secara otomatis akan meningkatkan mutu tulisan. Sebagai pembandingnya bisa berkunjung ke blog teman.

Manfaat dari blog yang utama adalah mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan, atau apa saja yang bisa disampaikan secara lisan pada rapat-rapat atau yang tak bisa disampaikan pada siapa pun. Jadi tidak hanya dalam bentuk tulisan, bisa dalam bentuk foto atau video.

Kumpulan dari beberapa tulisan di blog bisa dikelompokkan sesuai dengan tema dan bisa menjadi sebuah buku. Tetapi, agar buku lebih menarik untuk dibaca perlu dikonsultasikan dengan editor atau pihak penerbit.

Kesimpulan pada pertemuan ini adalah Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat buat orang lain, seperti peribahasa gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, dan manusia mati meninggalkan nama. Menulis di blog untuk mendokumentasikan apa saja yang terlintas, dan akan menikmati hasilnya di suatu hari kemudian.

Bumiayu, 24 Mei 2020

Komentar

  1. first coment hehehe tambah mantap Bu resumenya

    BalasHapus
  2. Siip... mantap... sebagai pemula saya harus belajar giat

    BalasHapus
  3. Pandai sekali, ibu merangkai kalimat👍

    BalasHapus
  4. cakeeep, trm ksh telah menuliskan nama saya

    BalasHapus
  5. semoga materi malam ini bermanfaat

    BalasHapus
  6. Cetar semskin banyak ilmu yg didapat dan jadi tulisan keren

    BalasHapus
  7. Ya... Semoga kita juga menjadi manusia yg bisa berguna tuk orang lain... Amin

    BalasHapus
  8. Mantul...semoga kita jd orang baik n kaya manfaat...

    BalasHapus
  9. Masya Allah, mantap surantap bu tulisannya🥰👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1