Disipin Seorang Guru

Oleh : Milati Masruroh

Disiplin itu merupakan salah satu karakter seseorang. Jika dari kecil sudah terbiasa hidup disiplin, sampai tua pun akan melekat dalam diri seseorang. Mengikuti aturan orang tua yang mengharuskan disiplin terasa begitu berat. Tapi saat dewasa, baru merasakan manfaat dari hidup yang disiplin itu. Seseorang yang memiliki sifat disiplin bisa dipastikan akan mengikuti aturan yang berlaku. Tidak terkecuali antara guru dan siswa.

Dalam lingkungan sekolah, disiplin tidak mesti harus dengan paksaan apalagi hukuman. Guru yang tepat waktu masuk ke kelas pasti akan membawa dampak yang besar dengan siswa. Siswa yang terlambat masuk kelas diingatkan terlebih dahulu untuk pertemuan yang akan datang jika terlambat maka tidak diijinkan masuk, apalagi pembelajaran sudah mulai. Meskipun disiplin ini tidak bisa dipaksakan, dengan kebiasaan guru datang tepat waktu maka siswa pun akan tepat waktu untuk masuk kelas.

Selain guru datang tepat waktu di kelas, siswa akan merasa dihargai saat hasil latihan atau hasil penilaiannya dikoreksi oleh guru. Dengan memberi umpan balik, siswa pun akan semangat untuk mengerjakan tugas berikutnya. Tanpa harus dihukum atau dimarahi di depan teman-temannya. Karena justru akan menurunkan mental siswa dan menurunkan semangat untuk belajar.

Perilaku setiap guru pasti akan diperhatikan semua siswa, guru yang cenderung sering bermain handphone saat mengajar akan mengurangi rasa hormat siswa dengan guru. Dengan dalih ada telfon atau sms penting,  sungguh tidak bijaksana kalau guru memegang handphone di saat pembelajaran. Konsentrasi siswa akan terganggu saat pembelajaran berlangsung tiba-tiba handphone sang guru berbunyi.

Disiplin setiap siswa akan terbentuk dengan sendirinya saat sang guru pun menerapkan kedisiplinan baik di kelas maupun di lingkungan sekolah. Datang tepat waktu, tepat mengumpulkan tugas, dan berperilaku baik mengikuti aturan sekolah. Jadi tidak perlu dengan aturan tertulis, cukup dengan menunjukkan sikap yang disiplin.

Bumiayu, 22 Juni 2020

Komentar

  1. mantap Bu mengalir tulisannya

    BalasHapus
  2. Disiplin modal utama orang yang ingin sukses dan punya karakter hebat

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah tulisan nya cukup menarik,jujur saat ini rasanya saya di telan waktu, Dan saya tenggelam terlalu dalam mungkin tak mampu untuk ... Ah terhanyut saya sungguh tulisan yang sangat luar biasa, terus lah menulis dan menulis jangan pernah berhenti, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bun...
      Belajar menulis utk mengasah keterampilan

      Hapus
  4. disiplin itu terbentuk dari keteladanan guru...mantabz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bun... tdk perlu banyak aturan cukup dg contoh langsung

      Hapus
  5. Keren sekali tulisan bu Mila.... Bisa menjadi motivasi bagi diri. Semangat terus dalam berkarya y bu.. Saya perlu belajar banyak dari bu Mila..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy masih pemula yg sedang belajar.
      Terima kasih bun

      Hapus
  6. Semakin mengalir...lancar gak ada hambatan. Jossss

    BalasHapus
  7. Wah...sy sampai larut bacanya...keren bu 👍👍

    BalasHapus
  8. Ok mantab.mampir Bu ke cakinin.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

SMAN 1 Paguyangan Meraih Juara 3 Lomba Best Practice Inovasi Sekolah Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Sepenggal Kisah Kopdar RVL 1